13 December 2019

Tips Aman Berkendara di Musim Hujan

Tips Aman Berkendara di Musim Hujan

 

Sejak beberapa minggu lalu sebagian besar daerah di Indonesia telah memasuki musim penghujan. Bagi anda yang membawa mobil harus lebih waspada lagi saat berkendara. Sebab mengemudi di bawah guyuran hujan dan jalanan basah lebih sulit dibandingkan mengemudi saat cuaca cerah dan jalanan kering. Mengemudi saat hujan tentunya butuh konsentrasi dan kewaspadaan ekstra karena jarak pandang yang terbatas serta kondisi jalan yang lebih licin. Mengemudi saat hujan tentunya butuh konsentrasi dan kewaspadaan ekstra karena jarak pandang yang terbatas serta kondisi jalan yang lebih licin. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengemudi agar lebih aman saat menyetir membuat nyaman andai membawa penumpang. Berikut ini sejumlah tipsnya:

Kurangi Kecepatan

Saat hujan ataupun beberapa saat setelah diguyur hujan kondisi jalan tentunya akan basah. Saat kondisi demikian traksi ban dengan permukaan jalan tidak akan terlalu baik dan besar kemungkinan ban akan kehilangan traksi sehingga akan sulit mengendalikan kendaraan serta dapat mengakibatkan selip atau bahkan mobil tergelincir. Oleh karena itu kurangi laju kecepatan kendaraan anda agar kendaraan dapat lebih mudah dikendalikan.

Hindari Melintas di Genangan Air

Bebearapa saat setelah diguyur hujan biasanya akan terdapat genangan air di badan jalan. Jika anda menemui genangan air sebaiknya hindarilah genangan tersebut. Namun jika terpaksa melewatinya sebaiknya jangan dengan kecepatan tinggi. Melewati genangan air dengan kecepatan tinggi berpotensi terjadinya aquaplaning atau hydroplaning. Bila sudah seperti itu dapat menyebabkan roda mobil bergerak tak terkendali karena ban tidak menapak ke permukaan jalan bahkan kinerja rem juga akan kurang efektif untuk menghentikan laju kendaraan.

Jaga Jarak Aman

Saat kondisi hujan jarak pandang akan terbatas ditambah lagi kondisi permukaan jalan basah dan licin. Jaga jarak aman kendaraan anda dengan kendaraan di depan anda. Hal itu sangat penting agar anda punya ruang untuk menyalip atau memaksimalkan pengereman ketika kendaraan di depan mogok atau tiba-tiba mengerem mendadak.

Waspadai Tumpahan Oli/Minyak

Mungkin anda pernah menjumpai tumpahan oli/minyak di jalan dan tentunya hal tersbeut sangat berbahaya. Saat kondisi hujan hal tersebut akan lebih berbahaya karena kondisi jalan yang licin karena guyuran hujan ditambah dengan tumpahan oli/minyak akan jauh lebih licin. Selain itu kondisi jalan basah akan mengakibatkan sulit melihat/membedakan jalan yang basah karena air atau karena tumpahan oli/minyak.