05 October 2016

Mesin Turbo Kukuhkan Honda Civic sebagai Market Leader Sedan

Mesin Turbo Kukuhkan Honda Civic sebagai Market Leader Sedan

JAKARTA –  PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan generasi terbaru sedan Honda Civic di Tanah Air. Sedan Civic generasi ke-10 itu memiliki mesin dan tampilan jauh berbeda dibanding generasi tedahulu.

Kapasitas mesin lebih kecil namun dilengkapi dengan turbo, menurut Jonfis Fandy, marketing and Aftersales service director PT HPM, menjadi kunci keberhasilan penjualan Civic terbaru.

“Penjualannya sekarang hampir tiga kali lipat dari tahun lalu (generasi sebelumnya). Jadi kesadaran konsumen bahwa 1,5 L, itu hanya mesin saja. Sekarang konsumen tahu jadi yang dicari turbonya,” terang Jonfis.

Ia menambahkan, sedan Civic Turbo memberi pengaruh sangat besar bagi penjualan mobil sedan Honda di Indonesia.

“Saya pikir Civic baru dua bulan kan sudah jadi market leader, juga secara total walaupun dari Januari sampai Mei kita enggak suplai banyak. Tapi dengan hanya 2-3 bulan sudah market leader, jadi pengaruh civic Turbo ini sangat besar terhadap penjualan sedan,” tambah dia.

Soal kompetisi, Jonfis menyatakan hingga saat ini Civic Turbo melenggang sendiri di pasar automotif Indonesia.

“Kompetitor, saya kurang tahu juga. Karena yang punya teknologi turbo saat ini kan honda. Yang lain bukan enggak punya, tapi untuk diaplikasikan ke mobil sedan yang buat jalanan itu banyak dari Honda. Bukan teknologi kompetitor enggak ada, tapi yang di-applyke mobil itu, Honda paling banyak sekarang,” tukas Jonfis.

Honda Civic sendiri bersaing ketat dengan Toyota Corolla Altis. Corolla Altis yang dijual di Indonesia saat ini masih menggunakan mesin berkapasitas 1,8 liter tanpa dilengkapi turbo, dengan harga jual Rp406 juta. Sementara Honda Civic mengaplikasi mesin 1,5 liter turbo dengan harga Rp475,5 juta.

 Source : http://news.okezone.com/