28 December 2016

Honda Sukses Cetak 100 Juta Mobil sejak 1963

Honda Sukses Cetak 100 Juta Mobil sejak 1963

Honda Motor Co Ltd mengumumkan telah berhasil memproduksi 100 juta mobil secara global. Honda mulai memproduksi kendaraan roda empat itu pada 1963 di Saitama Factory, Jepang. Sejak berdiri sampai sekarang, Honda telah memiliki 34 pabrik yang tersebar di seluruh dunia.“Berkat dukungan dari pelanggan kami di seluruh dunia, Honda mampu memberikan 100 juta mobil,” ujar Takahiro Hachigo,president and CEO Honda Motor, dalam keteragan resminya.Mobil pertama yang diproduksi Honda adalah pikap kecil T360. Nenek moyang dari pikap Ridgeline ini didukung mesin bensin 356 cc empat silinder yang mampu mencapai kecepatan tertinggi 100 kilometer per jam.

Pada tahun yang sama, Honda juga memproduksi mobil sport berukuran kecil S500 di Hamamatsu Factory.Pada 1964, dalam rangka meningkatkan kapasitas produksi dan pengembangan teknologi, Honda kembali membangun pabrik yang diberi nama Sayama Factory di Sayama City. Pabrik ini memproduksi mobil sport berukuran kecil S600. Kemudian pada 1967, mulai diproduksi N360 yang merupakan mobil berukuran kecil pertama dari Honda.Sejak itu Honda terus meningkatkan volume produksi dan menghadirkan mobil-mobil baru. Konsentrasi Honda tidak hanya di Jepang, ada beberapa model yang dipasarkan secara global sebut saja, Civic, Accord, CR-V, dan Jazz (Fit).Sejak berdirinya perusahaan, Honda selalu melebarkan bisnis ke berbagai negara. Pada 1969, Honda menjalin kerjasama dengan perusahaan lokal asal Taiwan.

Hasilnya lahirlah mobil penumpang berukuran kecil N600 dan pikap kecil TN360.Selain itu dalam rangka meningkatkan daya saing internasional, Honda memasuki pasar luar negeri dan mulai memproduksi Accord di Ohio, Amerika Serikat, pada 1982. Ini menjadi produksi mobil pertama Honda oleh anak perusahaan lokal di luar Jepang. Accord menjadi sedan pertama dengan 4 penumpang yang diproduksi di AS oleh pabrikan mobil Jepang. Honda memperluas operasi produksi mobil di berbagai wilayah di dunia termasuk Asia, Eropa, Selatan Amerika, dan China. Dalam beberapa tahun terakhir Honda telah melakukan pembentukan sistem produksi yang fleksibel dan saling melengkapi serta memanfaatkan produksi di 34 pabrik mobil Honda di 18 negara dan teritori. Honda mencapai 100 juta unit pada September 2016 atau tahun ke-54 sejak perusahaan mulai produksi mobil.

Source : www.okezone.com