01 April 2020

3 Cara Sederhana Rawat Mobil yang Lama Tak Dipakai Saat WFH

3 Cara Sederhana Rawat Mobil yang Lama Tak Dipakai Saat WFH

Work from home (WFH) akibat pandemi virus corona membuat mobil yang biasanya digunakan untuk pergi ke kantor menjadi tak terpakai dan lama terparkir di rumah. Namun mobil yang tidak digunakan ternyata perlu juga perawatan juga lho.

Untuk perawatannya sebenarnya hanya perlu perawatan ringan dan tidak perlu ke bengkel. Berikut ini 3 langkah sederhana merawat mobil yang bisa dilakukan sendiri di rumah:

Pertama, panaskan mobil setiap hari. Tidak perlu lama-lama memanaskan mobil, cukup sekitar 5 menit. Tujuan dar memanaskan mesin mobil ini agar sirkulasi oli mesin tetap lancar dan untuk pengisian baterai/aki tetap terjaga.

Kedua, cek busi. Busi yang merupakan salah satu system utama pengapian berperan penting dalam keoptimalan pembakaran yang tentunya akan berpengaruh pada performa mesin. Jika busi. Cek apakah busi mengalami pengerakkan karbon serta tingkat keausanya. Untuk memberishkan kerak pada busi bisa digunakan cairan pembersih dan kain lap.

Ketiga, selalu jaga kebersihan mobil anda. Cuci mobil anda jika sebelumnya anda harus melewati hujan dan jalan becek. Hal ini berguna untuk mencegah karat apalagi jika mobil lama tidak dipakai dan hanya didiamkan saja. Selain itu anda juga harus mengecek kebersihan interior serta bagian ruang mesin. Jangan sampai ada hewan seperti kecoa, tikus dan ular yang bersarang di mobil anda yang dapat merusak komponen kelistrikan mobil.